Selasa, 02 Juli 2019

PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA (PKM)



PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MENCUCI TANGAN DI SEKOLAH MASTER, DEPOK

BIDANG KEGIATAN
PKM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Diusulkan Oleh :
Intan Fitriana Reffandia                     16117718
Rifdah Salma Isnaini                          15117182        
Ruth Ariny Yolanda                           15117419       
           
           

UNIVERSITAS GUNADARMA
DEPOK
2019





PENGESAHAN PKM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
1.    Judul Kegiatan                                           : Sosialisasi Pentingnya Menjaga
  Kesehatan Gigi dan Mencuci
  Tangan di Sekolah Master, Depok
2.    Bidang Kegiatan                                        : PKM-M
3.    Ketua Pelaksana Kegiatan
a.    Nama Lengkap                                      : Intan Fitriana Reffandia
b.    NIM                                                       : 16117718
c.    Jurusan                                                   : Sistem Informasi
d.   Universitas/Institut/Politeknik               : Universitas Gunadarma Depok
e.    Alamat Rumah dan No Telp./HP          : Jl. Irian Jaya No. 116
  Pancoran Mas, Depok
f.     Email                                                     : intanfitriana85@gmail.com
4.    Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis         : 3 orang
5.    Dosen Pendamping                                                : Ira Dina Agusten
6.    Biaya Kegiatan Total
a.    Kemristekdikti                                       : Rp. 12.500.000
b.    Sumber Lain                                          : -
7.    Jangka Waktu Pelaksanaan                        : 3 bulan


Depok, 2 Juli 2019
Menyetujui
Wakil/Pembantu Dekan atau                                            Ketua Pelaksana Kegiatan
Ketua Jurusan/Departemen/Program Studi/
Pembimbing Unit Kegiatan Mahasiswa



(                                             )                                           (                                       )
NIP/NIK.                                                                           NIM.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan/                             Dosen Pendamping,
Direktur Politeknik/Ketua Sekolah Tinggi,



(                                             )                                            (                                      )
NIP/NIK.                                                                            NID.

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Banyak permasalahan yang timbul di lingkungan sekitar masyarakat sekarang ini, seperti contohnya kenakalan remaja, tingginya tingkat kriminalitas, dan juga pola hidup bersih di lingkungan masyarakat. Banyaknya warga masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekitar mereka dapat membahayakan bagi kesehatan lingkungan masyarakat sekitar. Pola hidup bersih (pohiber) masyarakat yang kurang terjaga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang ada, seperti penyakit kulit, diare, gangguan pernapasan, bahkan yang sedang marak terjadi akhir-akhir ini adalah demam berdarah. Banyak sekali penyakit yang muncul akibat pola hidup masyarakat yang tidak bersih, serta tidak memperdulikan lingkungan tempat tinggal mereka. Munculnya berbagai penyakit ini banyak terjadi pada masyarakat pedesaan yang kurang memperdulikan kebersihan lingkungan sekitar dan pola hidup mereka  Hal inilah yang mengakibatkan mereka mudah terserang berbagai penyakit.
Masyarakat saat ini umumnya telah melupakan budaya mencuci tangan sebelum ataupun sesudah makan. Alasan dari masyarakat melupakan kebiasaan ini, kebanyakan karena sudah merasa lapar dan menganggap bahwa dengan mencuci tangan hanya akan mengulur waktu mereka untuk segera menyantap makanan yang sudah disajikan. Ada pula masyarakat yang hanya mencuci tangan mereka hanya menggunakan air dan tidak menggunakan sabun untuk membersihkan tangan mereka dari kuman. Padahal bisa dibayangkan, ada berapa juta kuman yang menempel di tangan kita setelah kita melakukan aktivitas seperti bekerja ataupun bermain. Tidak cukup hanya itu, masyarakat saat ini juga telah melupakan kebiasaan untuk menyikat gigi setelah makan dan sebelum tidur. Kebersihan gigi adalah hal yang utama. Dengan menjaga kebersihan gigi dengan cara menyikatnya secara rutin, tentu kita akan mendapatkan hasil gigi yang bersih dan putih.
Berdasarkan survei yang kami lakukan, kami berhasil menemukan Sekolah Master yang letaknya tidak jauh dari Terminal Kota Depok. Sekolah Master adalah sekolah yang diperuntukkan untuk anak-anak kurang mampu di Depok yang sebagian dari mereka kesehariannya mencari nafkah di Kota Depok.
Melihat latar belakang masalah tersebut, muncul kepedulian kami terhadap warga masyarakat yang anak-anaknya bersekolah di Sekolah Master untuk mengadakan sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mencuci tangan demi kesejahteraan masyarakat dan menciptakan generasi masyarakat yang peduli akan kesehatan. Hal itu kami lakukan agar anak-anak yang bersekolah di Sekolah Master ini lebih peduli terhadap pola hidupnya, dan agar mengurangi berbagai panyakit yang mungkin saja dapat ditimbulkan akibat pola hidup yang tidak sehat. Khususnya mengenai masalah menjaga kebersihan gigi dan budaya mencuci makan sebelum dan sesudah makan, kami berencana untuk mensosialisasikannya dan membelikan perlengkapan menyikat gigi dan sabun untuk mencuci tangan, agar anak-anak ini bisa mempraktekannya langsung dalam kehidupan nyata mereka sehari-hari.

1.2  Rumusan Masalah
Rumusan masalah yang akan dipecahkan melalui program ini pada dasarnya tidak lepas dari ruang lingkup permasalahan di atas, yaitu :
1.    Bagaimana memberikan pemahaman kepada anak-anak di Sekolah Master Depok tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan gigi dan juga pentingnya mencuci tangan sebelum dan sesudah makan?
2.    Bagaimana caranya untuk membujuk anak-anak tersebut untuk mulai membiasakan diri menyikat gigi dan mencuci tangan?
3.    Bagaimana mengatasi permasalahan adanya kemungkinan anak-anak ini malas untuk menyikat giginya dan mencuci tangannya?
4.    Bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar?
5.    Bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar?

1.3  Tujuan
Tujuan dari program ini adalah :
1.    Memberikan pemahaman kepada anak-anak di Sekolah Master Depok, bahwa menjaga kebersihan diri dapat dilakukan dari hal kecil, contohnya dengan mencuci tangan dan menyikat gigi.
2.    Memberikan penyuluhan kepada anak-anak di Sekolah Master bagaimana caranya membiasakan diri untuk hidup sehat dan bersih.
3.    Memberikan kesadarkan kepada anak-anak di Sekolah Master dampak yang ditimbulkan jika kurang peduli untuk menyikat gigi dan mencuci tangan.
4.    Memberikan solusi yang tepat kepada anak-anak di Sekolah Master untuk permasalahan hilangnya kesadaran mereka untuk mencuci tangan dan menyikat gigi.
5.    Memberikan cara kepada anak-anak di Sekolah Master untuk menyikat gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar.

2      Luaran Yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan dari program ini adalah adanya kesadaran dari anak-anak yang bersekolah di Sekolah Master, Depok untuk membiasakan diri sedini mungkin untuk menyikat giginya setelah makan dan sebelum tidur, bukan hanya ketika mandi. Lalu juga mengajarkan bagaimana caranya menyikat gigi yang baik dan benar. Luaran lain yang kami harapkan juga agar anak-anak di Sekolah Master tahu bahwa mencuci tangan merupakan hal yang  penting yang harus mereka lakukan sebelum dan sesudah makan untuk menghindarkan mereka dari kemungkinan masuknya kuman jahat ke dalam tubuh mereka, yang dapat membuat sistem kekebalan tubuh mereka menjadi turun.



BAB II
GAMBARAN UMUM MASYARAKAT SASARAN
            Sekolah Master di Depok berlokasi dekat dengan Masjid Terminal, sekolah ini sekarang sudah menampung lebih dari ribuan siswa yang memiliki latar belakang ekonomi kurang mampu. Sekolah Master ini terdiri dari PAUD, TK, SD, SMP dan SMA. Anak-anak yang bersekolah di sekolahan ini, orang tuanya memiliki latar belakang ekonomi yang kurang, ada beberapa guru yang mengemukakan bahwa ada siswa yang susah diatur dan terkadang lebih mementingkan mencari uang daripada bersekolah. Kesehatan adalah prioritas utama dan yang terpenting dalam hidup, dan bukan hanya untuk kalangan atas saja.
            Pada umumnya, anak-anak ini cerdas dan juga beruntung karena masih bisa menikmati menempuh pendidikan di bangku sekolah secara gratis. Bukan maksud kami ingin mengatakan bahwa hanya karena anak-anak ini berasal dari keluarga yang kurang mampu, maka tingkat kebersihan mereka rendah. Kami disini hanya ingin mensosialisasikan kepada anak-anak yang bersekolah di Sekolah Master bahwa menjaga kebersihan itu penting, bukan hanya untuk orang yang berada. Kesehatan itu hak semua orang, tidak terkecuali mereka. Oleh sebab itu kami ingin mengajak mereka untuk bersama-sama sadar dan saling mengingatkan untuk sedari dini mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan untuk meghindari sakit perut dan untuk menjaga kebersihan tangan, lalu juga kami ingin mengajarkan kepada anak-anak di Sekolah Master bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar agar mereka juga bisa memiliki gigi yang kuat, bersih dan sehat. Dalam program ini kami menargetkan agar dengan membagikan perlengkapan menyikat gigi dan sabun untuk mencuci tangan dapat membantu anak-anak di Sekolah Master untuk tidak lupa menjaga kebersihan diri mereka sendiri.


BAB III
METODE PELAKSANAAN
Metode pengembangan yang akan dilaksanakan merupakan sebuah rangkaian tahapan yang disusun secara sistematis, diantaranya :
1.    Persiapan
a.    Membentuk kerja sama dengan pihak Sekolah Master Depok
b.    Membentuk kerja sama dengan anggota kelompok
c.    Menyiapkan materi
d.   Menyiapkan peralatan apa saja yang dibutuhkan
2.    Pelaksanaan
a.    Sosialisasi kepada anak-anak Sekolah Master tentang pentingnya menyikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur.
b.    Sosialisasi kepada anak-anak Sekolah Master bahaya yang ditimbulkan apabila malas menyikat gigi.
c.    Sosialiasi kepada anak-anak Sekolah Master tentang pentingnya mencuci tangan menggunakan sabun sebelum dan sesudah makan
d.   Sosialisasi kepada anak-anak Sekolah Master dampak dan penyakit yang ditimbulkan apabila tidak mencuci tangan.
e.    Games  seputar kebersihan gigi dan mencuci tangan
f.     Praktek langsung bagaimana menyikat gigi dan mencuci tangan yang baik dan benar.
g.    Pembagian bingkisan kenang-kenangan
3.    Evaluasi
4.    Laporan Akhir



BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1 Anggaran Biaya
NO
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)
1.
Peralatan Penunjang
a.  Sound System
b. LCD Proyektor
c.  Sewa Laptop dan Kamera
d. Sewa Kursi dan Tenda
e.  Air Mineral
f.  Nasi Kotak
Panitia 15 x Rp. 15.000
Peserta 200 x Rp. 15.000
g. Snack
Panitia 15 x Rp. 5.000
Peserta 200 x Rp. 5.000

Rp.   300.000
Rp.   200.000
Rp.   300.000
Rp. 2.000.000
Rp.    150.000

Rp.    225.000
Rp. 3.000.000

Rp.      75.000
Rp. 1.000.000
2.
Peralatan Habis Pakai
a.  Alat Tulis
b. Kuota Internet
c.  Peralatan Sikat Gigi
220 buah x Rp.10.000
d. Sabun Cair 5 botol (500 ml)
5 x Rp. 40.000

Rp.    100.000
Rp.    200.000

Rp. 2.200.000

Rp.    200.000
3.
Transportasi/Perjalanan
a.  Uang Bensin dari Rumah ke Lokasi (4 motor)
b. Uang Bensin mencari kebutuhan peralatan + survei tempat
c.  Uang Makan Selama survei dan mencari kebutuhan peralatan
4 x Rp. 20.000
d. Uang membeli cemilan/makanan dan minuman  selama melakukan rapat

Rp.    100.000

Rp.    100.000



Rp.      80.000
Rp.      50.000
4
Lain-Lain:
a.  Publikasi
b. Penyusunan Laporan
c.  Fotocopy Materi
d. Perizinan dan Survei
e.  Sewa Listrik

Rp.   300.000
Rp.   150.000
Rp.   700.000
Rp.    500.000
Rp.    100.000
5.
Pengeluaran Tak Terduga
Rp.    470.000
TOTAL
Rp.12.500.000







4.2 Jadwal Kegiatan

NO

Jenis Kegiatan
Bulan
1
2
3
1.
Survei dan Izin Ke Sekolah Master



2.
Sosialisasi Langsung Ke Sekolah Master



3.
Evaluasi



4.
Laporan Akhir













Lampiran 1. Justifikasi Harga
1.    Peralatan Penunjang
NO
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Total Harga
1.
Sound System
Peralatan
1
Rp.  300.000
Rp.  300.000
2.
LCD Proyektor
Peralatan
1
Rp.  200.000
Rp.  200.000
3.
Sewa Laptop dan Kamera
Peralatan
1
Rp.  300.000
Rp.  300.000
4.
Sewa Kursi dan Tenda
Peralatan
1
Rp. 2.000.000
Rp. 2.000.000
5.
Air Mineral
Minuman
6
Rp      25.000
Rp.    150.000
6.
Nasi Kotak
Makanan
215
Rp.     15.000
Rp. 3.225.000
7.
Snack
Makanan
215
Rp.       5.000
Rp. 1.075.000
Total Harga
Rp. 7.250.000

2.    Bahan Habis Pakai
NO
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Total Harga
1.
Buku Tulis
Alat Tulis
4
Rp.     5.000
Rp.      20.000
2.
Pena
Alat Tulis
10
Rp.     5.000  
Rp.      50.000
3.
Buku Agenda
Alat Tulis
2
Rp.   15.000
Rp.      30.000
4.
Kuota Internet
Internetan
4
Rp.   50.000
Rp.    200.000
5.
Peralatan Sikat Gigi
Peralatan
220
Rp.   10.000
Rp.  2.200.000
6.
Sabun Cair (500 ml)
Peralatan
5
Rp.    40.000
Rp.    200.000
Total Harga
Rp. 2.700.000

3.    Transportasi dan Makan di Perjalanan
NO
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satun (Rp)
Total Harga
1.
Bensin dari Rumah ke lokasi
Bahan Bakar Kendaraan
4
Rp.    25.000
Rp.  100.000
2.
Bensin untuk melakukan survei dan mencari kebutuhan peralatan
Bahan Bakar Kendaraan
4
Rp.    25.000
Rp.  100.000
3.
Uang Makan selama melakukan survei
Makanan
4
Rp.     20.000
Rp.   80.000
4.
Uang membeli makanan ringan dan minuman selam melakukan rapat anggota
Makanan dan Minuman
-
Rp.    50.000
Rp.   50.000
Total Harga
Rp.  330.000

4.    Lain-Lain
NO
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Total Harga
1.
Publikasi
Lain-lain
1
-
Rp.  300.000
2.
Penyusunan Laporan
Lain-lain
1
-
Rp.  150.000
3.
Fotocopy Materi
Lain-lain
-
-
Rp.  700.000
4.
Perizinan dan Survei
Lain-lain
-
-
Rp.   500.000
5.
Sewa Listrik
Lain-lain
1
-
Rp.   100.000
Total Harga
Rp. 1.750.000

5.    Pengeluaran Tak Terduga
No.
Material
Justifikasi Pemakaian
Kuantitas
Harga Satuan (Rp)
Total Harga
1.
Lain-lain
Pengeluaran tak Terduga
-
-
Rp.  470.000
Total Harga
Rp.  470.000


Lampiran 2. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas.
NO
Nama / NIM
Program Studi
Bidang Studi
Alokasi Waktu (jam/minggu)
Uraian Tugas
1.
Intan Fitriana Reffandia/ 16117718
Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Sistem Informasi
12 jam
Ketua
2.
Rifdah Salma Isnaini/ 15117182
Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Sistem Informasi
10 jam
Anggota
3.
Ruth Ariny Yolanda / 15117419
Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Sistem Informasi
10 jam
Anggota
Pembagian Tugas :
NO
Nama
Deskripsi Tugas
Uraian Tugas
1.
Intan Fitriana Reffandia
a.     Melakukan survei lokasi
b.     Analisis lingkungan
c.     Membuat perincian biaya
Ketua
2.
Rifdah Salma Isnaini
a.    Melakukan survei lokasi
b.    Menentukan peralatan yang dibutuhkan
c.    Membeli peralatan pendukung
Anggota
3.
Ruth Ariny Yolanda
a.     Melakukan survei tempat
b.     Menyewa tenda dan kursi
c.     Melakuakan izin lokasi
Anggota


Description: logo gundar.jpg
UNIVERSITAS GUNDARMA DEPOK

SURAT PERNYATAAN KETUA PELAKSANA
Saya yang menandatangani Surat Pernyataan ini :
Nama               : Intan Fitriana Reffandia
NIM                : 16117718
Program Studi : Sistem Informasi
Fakultas           : Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM Pengabdian Kepada Masyarakat saya dengan judul : “SOSIALISASI PENTINGNYA MENJAGA KESEHATAN GIGI DAN MENCUCI TANGAN DI SEKOLAH MASTER, DEPOK”  yang diusulkan untuk tahun anggaran 2019 bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.





Depok, 2 Juli 2019



Mengetahui/Menyetujui,                                                                    
Wakil Rektor III                                                                     Yang Menyatakan ,
Bidang Kemahasiswaan



(                                  )                                                            (                                )
NID.                                                                                        NIM. 16117718

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VC 7 POSTTEST : MASALAH KONKURENS

a. Jelaskan 2 metode untuk menjamin SERIALIZABILITY b. Pada Metode Locking  untuk transaksi terus menahan suatu kunci sampai dilepaskan s...