Minggu, 04 November 2018

Tren Teknologi Yang Akan Berkembang di Masa Depan


Tren Teknologi Yang Akan Berkembang di Masa Depan

Pendahuluan
Dewasa ini, dunia teknologi telah berkembang dengan sangat pesat. Tentunya sudah tidak asing di telinga kita mengenai sebuah istilah yaitu “Teknologi Informasi” . Teknologi Informasi memiliki definisi sebagai seperangkat alat yang membantu kita bekerja dengan informasi dan mengerjakan tugas yang berkaitan dengan pemrosesan informasi. Teknologi Informasi secara implisit tidak sekedar berupa teknologi komputer, melainkan juga berupa teknologi komunikasi.
Semakin lama, perkembangan teknologi pun makin pesat. Dunia berubah dengan teknologi baru hampir setiap hari. Smartphone, komputasi awan, atau tablet multi sentuh, semua inovasi ini merevolusi hidup kita. Namun, ini baru permulaan.
Lalu, bagaimanakah perkembangan teknologi informasi yang akan terjadi di masa depan? Tentunya dunia yang sudah bisa dibilang canggih saat ini pasti akan kalah canggih dengan teknologi yang akan ada di masa depan. Jika di zaman sekarang ini IT sudah mulai menguasai dunia, mungkin saja di masa depan IT telah mengubah dunia menjadi Era atau Zaman yang bisa diistilahkan sebagai “Technology Age” atau Zaman Teknologi.
Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat pesat, khususnya teknologi komputer sudah banyak mempengaruhi sebagian besar dalam dunia usaha. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyaknya penggunaan komputer sebagian alat bantu dalam menyimpan dan mengolah data-data dalam suatu dunia usaha. Informasi adalah data yang telah diolah menjadi suatu bentuk yang penting dan mempunyai nilai yang nyata atau yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan yang sekarang maupun pengambilan keputusan pada waktu yang akan datang.


Masa Kini Membentuk Masa Depan
  • Aturan Undang-Undang (Kepastian Hukum)
Melindungi hak pencipta dan penemu adalah tanggung jawab konstitusional kongres AS, tetapi sukar dipenuhi dengan adanya pengopian digital yang akurat dan file server terdistribusi yang beroperasi di Internet. Berbagai metode saat ini untuk mendistribusikan musik, video, dan perangkat lunak pada CD mungkin akan digantikan dengan metode lain. Model yang barangkali akan menjadi lebih popular adalah membayar sejumlah kecil uang per video atau lagu. Model ini bekerja seperti kartu telepon. Anda menyimpan uang pada rekening online, dan kapan saja anda ingin membeli sesuatu dari pedagang yang berpartisipasi, anda mengklik sebuah ikon pada halaman Web dan harganya dikurangkan dari rekening anda.
Sebuah studi oleh National Science Foundation pada 1999 melaporkan bahwa ilmuwan computer yang bekerja di Amerika yang bergelar di atas sarjana, 29 persen dari mereka yang bergelar master adalah keturunan asing, dan 39 persen yang bergelar dokter adalah keturunan asing. Kemakmuran industri computer AS tergantung pada kemampuan mereka untuk menarik talenta terbaik dari seluruh dunia. Salah satu factor yang menarik orang-orang ini dating ke AS adalah perlindungan terhadap hak-hak mereka untuk mendapat laba dari ide-ide mereka.
  • Kewirausahaan dan Modal Ventura
Kapitalis ventura akan membiayai usahawan jika mereka mempunyai uang surplus untuk mengambil risiko dan jika mereka bersikukuh untuk membentuk laba besar ketika mereka memahami hak usahawan. Banyak orang menilai bahwa Microsoft menghambat pertumbuhan perusahaan-perusahaan yang baru mulai dengan cara menyalahgunakan kepemilikan Windows-nya dan sejumlah besar uang yang mereka peroleh dari system operasi. Banyak perusahaan kecil menciptakan perangkat lunak khusus yang melakukan sebuah fungsi yang sangat penting. Jika Microsoft memilih untuk menciptakan sebuah produk yang bersaing dan memasukkannya dengan windows dengan tanpa biaya tambahan, perusahaan mereka kepada Microsoft. Motivasi lain untuk usahawan adalah ketenaran. Thomas Edison dan Wright bersaudara adalah penemu Amerika terkenal yang mendirikan bisnis yang sukses.
Banyak mahasiswa yang mengambil jurusan ilmu komputer atau rancang bangun komputer serig diberi label nerds atau geek, tetapi mereka adalah orang-orang yang mungkin menemukan atau merintis produk-produk yang akan membentuk basis komputer untuk pekerjaan di masa depan. Untuk membangun ekonomi yang kuat d imasa depan dengan basis computer, orang-orangmuda perlu didukung oleh rekan sebaya mereka dan orang-orang lebih tua untuk mengejar berbagai minat di dalam ilmu pengetahuan dasar, pemrograman, dan ilmu komputer.
  • Perangkat Keras dan Perangkat Lunak
Hukum moore meramalkan kenaikan dua kali lipat dari power computer setiap satu atau dua tahun. Para pakar di Bell Laboratories memperkirakan bahwa batas teoritis dari transistor berbasis silicon akan dicapai menjelang 2012. Para peneliti sedang m
encari ide-ide baru untuk membuat chip computer lebih kecil, lebih cepat, lebih kuat dengan bekerja di tingkat molecular. Alat yang kecil ini diukur dalam nanometer, sepermiliar meter, dan teknologi dari alat ini disebut nanoteknologi.
  • Perubahan pada Antarmuka Komputer/Masyarakat
Unit sistem dari komputer desktop masa kini telah berubah secara dramatis, tetapi monitor, keyboard, dan mouse tidak banyak berubah dalam 20 tahun terakhir.
Mengganti Monitor Monitor sedang berubah dari CRT ke panel datar, tetapi gagasan yang lebih baru sedang dikembangkan. Satu metodenya adalah memasang sebuah layer kecil pada sepasang kaca dengan sebuah lensa yang membuat layer tampak mengapung di udara di depan kita. Metode lain adalah membuat layer tampak mengapung di depan kita dengan menggunakan laser low-power untuk memproyeksikan gambar secara langsung ke retina di belakang bola mata.
Mengganti keyboard dan mouse Belajar untuk mengetik pada sebuah keyboard adalah penghalang untuk menggunakan computer yang sudah bersama kita sejak awal. Pengenalan suara (voice recognition) adalah suatu teknologi yang tumbuh dengan mantap. Kemungkinan besar pengenalan suara akan tumbuh secara signifikan dalam 10 tahun ke depan pada titik dimana ia menjadi alternative yang sehat untuk mengetik. Teknologi ini direpresentasikan dalam film minority report, dimana para pengguna diurutkan melalui data dan gambar dengan mengangkat tangan mereka di udara.
Realitas virtual dan avatar jika input sensori dari penglihatan dan sentuhan dapat dikendalikan oleh computer dan computer dapat bereaksi terhadap tindakan-tindakan pengguna maka individu dapat berinteraksi dengan dunia tiruan yang disebut Realitas Virtual(VR). VR telah digunakan untuk mendesain kompartemen penumpang mobil serta untuk melatih astronot dan pilot.

  • Kecerdasan Tiruan
Ketika komputer mulai melakukan berbagai tugas yang serupa dengan yang dilakukan oleh manusia, orang-orang mulai ingin tahu apakah computer akan memiliki kemampuan untuk berpikir separti manusia ataupun berpikir dalam cara yang sepenuhnya baru, yang mungkin lebih unggul dibanding manusia. Kemampuan ini disebut Kecerdasan Tiruan (AL=artifical intelligence). Pada 1950-an Alan Turing melakukan tes sederhana. Ia mengatakan bahwa anda mulai dengan menempatkan seseorang pada sebuah keyboard yang berkomunikasi dengan computer atau dengan seseorang. Jika oaring pada keyboard tidak bisa menceritakan perbedaan antara respons computer dan respons orang muka artinya computer telah mencapai kecerdasan. Komputer da[at mengikuti ter Turing dan waktu singkat dan dalam lingkungan yang sangat terbatas.

Pada tahun 1997 sebuah komputer IBM bernama Deep Blue mengalahkan juara catur dunia, dengan menggunakan metode yang oleh IBM dinamakan deep computing. Deep computing Institute dari IBM menerapkan teknologi yang ia kembangkan untuk memecahkan masalah yang rumit seperti memasangkan kru dengan penerbangan, menilai risiko asuransi, memusatkan pencarian Web, dan membandingkan campuran tumbuhan dengan informasi genetic untuk mengidentifikasiaplikasi potensial sebagai obat. Komputer juga mampu menyediakannasihat untuk berbagai masalah rumit di mana mereka mengambil peran sebagai konsultan pakar. Sistem jenis ini disebut Sistem Pakar. Program canggih dapat juga menganalisa database yang sangat besar, mencari pola-pola yang tidak akan tampak nyata bagi manusia oleh karena ukuran database. Menemukan pola-pola dalam database besar disebut data mining.

Kemampuan ini menjadi bagian Al, tetapi itu hanya permulaan. Ada beberapa factor yang membatasi pengembangan Al. Salah satunya adalah pengetahuan manusia tidak mampu menyediakan konteks untuk terminology atau instruksi yang rancu, dan faktor lain adalah bahwa otak manusia tidak bekerja seperti komputer digital. Para programer computer harus bekerja keras untuk belajar bagaimana menuliskan instruksi lengkah demi langkah yang spesifik, disebut algoritma, untuk bekerja dengan computer. Daripada berusaha menulis algoritma yang mengantisipasi setiap penafsiran atau konteks yang mungkin, ilmuwan komputer justru berusaha mendekati permasalahan dengan cara seperti yang dilakukan oleh otak manusia. Masalah mendasar pengembangan computer dengan Al adalah otak manusia dibangun dengan cara yag berbeda dibanding computer digital.
Komputer dapat dengan lebih baik mengenali pola-pola perilaku dan dapat digunakan untuk mendeteksi perilaku yang semestinya tidak terjadi. Ilmuawan di laboratorium IBM mengembangkan sebuah system imun computer untuk melawan virus, yang serupa dengan system imun manusia. Sistem imun manusia menggunakan sel darah putih yang mengenali organisme yang bukan anggota tubuh dan menyerang mereka. Kita mungkin mengetahui kreasi program computer yang bertindak seperti sel darah putih, yang secara otomatis mengidentifikasikan virus denganmengenali pola perilaku dan menyerang mereka begitu mereka muncul. Sebuah pendekatan untuk memecahkan masalah yang sulit dilakukan oleh computer digital adalah dengan menyusun mikroprosesor dalam sebuah jaringan dengan koneksi ke masing-masing sama dengan cara sel saraf di dalam otak dihubungkan ke banyak sel saraf lainnya. Pengaturan ini disebut jaringan saraf. Komputer digital kemungkinan besar terus berkembang sesuai hokum moore untuk sedikitnya 20 tahun, sehingga ada kemungkinan bahwa mereka akan mendekati perilaku manusia secara lebih baik, dengan menggunakan desain sirkuit digital tradisional.
  • Robot

Para penulis fiksi ilmiah pada awalnya memimpikan mesin dengan kecerdasan tiruan yang dapat melakukan pekerjaan manusia. Dramawan Cekoslovakia, Karel Capek, mengadaptasi kata robota (bahasa Cekoslovakia) yang artinya pekerjaan, untuk menggambarkan mesin ini. Kebanyakan penulis fiksi ilmiah memimpikan robot humanoid yang dapat berbicara dan saling berinteraksi seperti manusia. Hal ini menimbulkan berbagai pertanyaan seputar moral dan etika tentang hak-hak untuk mesin Al adalah makhluk berbasis-silikon, yang membedkan mereka dari makhluk berbasis-karbon seperti kita.

Contoh-Contoh

Meningkatnya kekuatan prosesor diharpkan terus berlanjut untuk sedikitnya 8 tahun ke depan dengan tidakada terobosan mendasar. Barangkali aka nada juga perubahan-perubahan pada factor lain yang memberikan dasar bagi pertumbuhan Amerika di bidang prosesor. Memroyeksikan tren masa lampau ke masa depan tak selalu terlepas dari kesalahan, tetapi proyeksi seperti ini masih berguna untuk dilakukan dalam rangka membuat rencana dan menyiapkan diri untuk perubahan yang akan datang. Disini ada beberapa contoh tentang apa yang diharapkan pada 15 tahun berikutnya, bersama dengan beberapa spekulasi tentang apa yang bisa terjadi dalam hidup kita.

Kesehatan

Komputer menyajikan kepada para professional layanan kesehatan dengan peranti yang mempunyai kemajuan yang mengagumkan. Kita dapat mengharapkan perubahan revolusioner di bidng biologi dan layanan kesehatan menusia, yang menyaingi revolusi computer pada 1980-an dan 1990-an. Mikroprosesor akan menjadi lebih kecil dan dapat ditanamkan di dalam jantung manusia atau organ tubuh lainnya untuk memonitor dan melaporkan beberapa jenis masalah sebelum masalah menjadi akut. Robot-robot itu dapat menyediakan perawatan efektif untuk berbagai jenis kanker. Komputer telah digunakan dengan laser untuk mengoreksi kornea mata untuk menghapuskan kebutuhan akan kacamata. Komputer digunakan untuk memproses gambar dan menyediakan penglihatan tiruan. Satu metode menggunakan sebuah retina tiruan yang dilekatkan pada saraf optic di belakang bola mata, dan metode lain adalah merangsang korteks visual dari otak secara langsung. Prototip kasar dari kedua system ini telah diuji pada banyak manusia dengan hasil yang memberi harapan.

  • Militer
Angkatan Bersenjata AS sangat menghargai nyawa tentara mereka dan mereka menggunakan teknologi kapan saja mungkin untuk mengurangi resiko bagi personilnya. Robot digunakan untuk masuk ke gua atau gedung untuk menemukan musuh dan membawa bahan peledak. Militer melatih tentaranya untuk menggunakan simulator yang dioperasikan oleh computer untuk mengurangi biaya dan meningkatkan keselamatan. Kepercayaan pada teknologi dan penempatan nilai tinggi atas nyawa manusia membuat Angkatan Bersenjata AS menjadi kekuatan konvensional yanh paling kuat di dunia dan membuat mereka dapat diisi oleh para sukarelawan. Kemungkinan ini mungkin terus berlanjut ketika kemajuan teknologi computer terus diberlakukan untuk pelatihan dan peralatan militer.

  • Pemerintah

Pemerintah menghadapi beberapa tantangan pada tahun-tahun yang akan datang sehubungan dengan perubahan pada komputasi dan kapabilitas internet. 
o   Setelah kontraversi mengenai banyaknya kartu suara pada pemilihan presiden tahun 2000, ada momentum di balik gagasan untuk melakukan pemungutan suara online.
o   Lembaga penegak hukum mungkin dapat mengambil lebih banyak keuntungan dari tes DNA dan biometrik U S Patriot Act akan diberlakukan penuh, dan berbagai dabase akan digabungkan bersama untuk profile individu, akibatnya adalah pricasi manjadi lebih sedikit.
  • Penggunaan dabase computer dan analisis DNA terkomputerisasi akan mengubah asumsi dasar mengenai asuransi kesehatan dengan mengidentifikasi lebih dahulu siapa yang akan sakit atau mati
  • Sistem de facto dari system nomor ID nasional kemungkinanbesar akan muncul. Sistem dapat menggunakan nomor jaminan social atau angka-angka yang mencerminkan bagian unik urutan DNA seseorang.
  • Jika serangan teroris ke kota-kota besar dengan menggunakan senjata pemusnah missal berhasil dilakukan, mungkin lebih banyak orang yang akan pindah dari kota besar ke pinggir kota dan menggunakan telecommuting dan telekonferensi untuk aktivitas kerja sehari-hari.
·          Teknologi Masa Depan Dunia Usaha

Pergi bekerja dari rumah ke kantor dengan cara terbang menggunakan roket di punggung mungkin akan terjadi pada tahun 2030. Itulah perkiraan yang disampaikan oleh  seorang penelis pada Diskusi “Sewindu Reformasi Mencari Visi Indonesia 2030”. Tidak hanya orang, mobil pun bisa terbang. Mereka-reka apa ang akan terjadi di Indonesia 25 tahun yang akan datang memang tidak mudah karena itu menyangkut perjalanan bangsa Indonesia dan umat manusia di dunia dalam satu generasi. Bukan tidak mungkin nanti robot akan memiliki perasaan seperti manusia melalui rekayasa DNA. Sebaliknya, sebagian perangkat tubuh manusia akan ditambah dengan peralatan robot. Misalnya, pada sebagian tangan atau kaki manusia nanti ada perangkat robotnya sehingga dapat memiliki tenaga ekstra untuk bekerja atau berkarya melebihi manusia yang hidup pada zaman sekarang.Tidak hanya itu. Sangat boleh jadi nanti manusia bisa melihat kehidupan masyarakat di masa depan setelah ”dikirim” melalui perangkat yang disebut lorong waktu (time tunnel) sehingga bisa mengetahui atau bahkan bisa mencegah kemungkinan hal-hal yang bisa membinasakan kehidupan umat manusia di masa datang. Jika kita membayangkan itu semua, sepintas mungkin seperti mimpi atau sama seperti kita menyaksikan film-film fiksi sains di layar kaca atau bioskop.Namun, hal itu sangat mungkin terjadi melalui revolusi teknologi dan bioteknologi. Sebaliknya, jika kita melihat kondisi Indonesia sekarang, yang kita saksikan adalah arus deras masuknya barang-barang dan perangkat teknologi impor. Sebagian dari kita merasa bingung dan terkaget-kaget pada perkembangan teknologi itu. Namun, sebagian lagi merasa tertantang oleh arus masuk teknologi modern dalam ranah kehidupan kita sehari-hari. Sebagai pengguna, adakalanya sebagian dari kita gagap dan bingung menghadapi perkembangan teknologi yang berlangsung cepat ini. Contohnya, ketika sejumlah menteri pada Kabinet Indonesia Bersatu dilengkapi dengan alat kerja canggih untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik melalui sebuah gadget, sebagian di antara mereka ada yang gagap teknologi atau gaptek. Kalau di antara penentu kebijakan masih ada yang lack of technology (kurang paham teknologi), sangat bisa dimaklumi kalau masyarakat pada umumnya juga kesulitan untuk dapat menerima teknologi baru. Bagi sebagian orang, cara berkomunikasi seolah dianggap baru sempurna kalau dilakukan secara lisan dengan bertatap muka secara langsung. Demikian pula dalam cara kita bekerja, adakalanya pergi ke kantor merupakan suatu keharusan. Padahal, di era serba cepat seperti sekarang, pekerjaan selayaknya berorientasi pada memaksimalkan output (hasil) pekerjaan tertentu, tidak mutlak lagi harus dikerjakan di kantor, tetapi bisa juga dikerjakan di rumah. Oleh karena itu, akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah small office home office (SOHO). Di era serba teknologi seperti sekarang, cara berkomunikasi dan melakukan transaksi bisnis yang efektif tidak selalu harus melalui cara bertatap muka meskipun hal itu bisa menimbulkan gugatan dari aspek budaya.


  • Java Teknologi Masa Depan

Mungkin sebagian dari kita masih belum familiar dengan istilah Java, padahal tanpa disadari, kebanyakan aplikasi yang berjalan di handphone,
Masa Depan Teknologi Informasi   18


terutama game yang dipakai sehari-hari adalah salah satu hasil dari aplikasi Java. Disamping itu, keunggulan lain yang dimiliki oleh java adalah multi platform, artinya setiap aplikasi yang kita bangun menggunakan bahasa Pemrograman Java, maka akan berjalan dengan baik pada sistem operasi apa saja, bisa di sistem operasi Windows, Linux, Unix dan lain-lain. Sebuah keunggulan yang tidak dimiliki oleh bahasa pemrograman yang lain, sehingga tidak heran kalau bahasa pemrograman Java di kenal dengan istilah ”Create once, run anywhere”Lalu, kenapa Java di katakan sebagai teknologi masa depan adalah karena flesbilitas dan kemudahan menggunakannya serta mampu mencakup keseluruhan aspek pemrograman yang dibutuhkan di masa depan, yaitu :

  1. Dengan Java kita mampu membangun aplikasi yang berbasis server (website misalnya), teknologi ini disebut dengan J2SE (Java versi 2 Standard Edition)

  1. Dengan Java kita mampu membangun aplikasi berbasis Teks maupun Grafik (Graphical User Interface), teknologi ini disebut dengan J2EE (Java versi 2 Enterprise Edition).

  1. Dengan Java kita mampu membangun aplikasi berbasis Mobile, sehingga bisa jalan di Handphone, teknologi ini disebut dengan J2ME (Java versi 2 Micro Edition).

Java adalah sebuah teknologi dalam bidang pemrograman dan multi platform yang diprakarsai oleh Sun Microsystem dari sebuah proyek yang bernama The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang. Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park.Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven). Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer. Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java. Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka
Sekarang teknologi dan bahasa pemrograman Java bersifat Open Source dan dikembangkan oleh banyak komunitas yang ada didunia, maka sudah sepantasnya mulai sekarang kita beralih untuk mempelajari dan menikmati keunggulan Java ini.Keunggulan-keunggulan dan prospek pengembangan Java di masa depan inilah yang membuat Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Depatemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia (BP-KLN RI) mewajibkan kepada seluruh lulusan Program Kelas D.III Teknisi Komputer dan Jaringan yang ada diseluruh Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi Java sebagai standar kelulusannya. Oleh karena itu dibentuk sebuah badan yang diberi nama JENI (Java Educational Network Indonesia) yang berwenang untuk memberi sertifikasi standar kelulusan atas penguasaan Java.
  • Teknologi Informasi Masa Depan di Indonesia

Jika kita bertanya, apa sih bidang yang paling berpeluang bagi aktivitas kehidupan manusia di masa depan? Jawabannya pasti. Satu diantaranya adalah teknologi komunikasi dan informasi.

Seorang penulis di sebuah harian terkemuka di Jakarta menyebutkan, bahwa diantara orang terkaya di dunia seperti Bill Gates, bukanlah seorang yang menanamkan investasinya pada ekplorasi kekayaan bumi. Bill Gates merupakan seorang pebisnis yang berhasil menjadi seorang pengusaha dalam deretan nomor wahid dunia yang bergerak pada dunia teknologi informasi.

Kurang layak jika kita memandang teknologi informasi semata-mata dari sudut bisnis. Kini kita harus mengakui bahwa seluruh aspek kegiatan kehidupan kita tidak lepas dari dukungan teknologi informasi. Semua aspek kehidupan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas manusia di seluruh pelosok bumi, termasuk di Indonesia.

“Teknologi informasi bukan lagi merupakan option, tapi merupakan keharusan,” kata Dr.Ir.Bondan T. Sofyan, M.Si, Direktur Center for Computing and Information Teknologi (CCIT), Fakultas Teknologi, Universitas Indonesia. “Apa sih bidang kehidupan yang tidak ada IT nya?. Dari bidang perbankan, system pertahanan negara yang di dalamnya ada intelligence working system, dari masalah akuntansi hingga ke teknologinya. Dunia datar yang ada saat kini telah tersambungkan oleh pipa-pipa jaringan (networking) dengan system IT tersebut
Kini dunia datar memang telah bertumpu dan bersumbu pada Information Communication Technology (ICT). “Siapapun dan dari manapun, dengan ICT bisa menjadi pemain utama di pasar kerja,” demikian mengutip Henry Subiakto dalam artikelnya (Kompas 22 November 2007). ”Adanya internet, alur kerja memanfaatkan mesin, kemudahan mengirim dan mendapatkan data, outsourcing, relokasi tempat poduksi hingga kemudahan mencari informasi pada mesin pencari, tautan digitalisasi bergerak virtual mempribadi, sebagaimana tercatat pada buku The World is Flat, karya Thomas L Friedman, kolumnis Foreighn Affair, The New york Times.

Indonesia sendiri harus diakui, sudah ketinggalan di bidang teknologi informasi, bahkan jauh ditinggalkan India, sebuah negara miskin yang dikenal belum memiliki sumberdaya manusia yang memadai. Namun ternyata India telah mencengangkan dunia bahkan membuat Amerika sempat ketar-ketir. Sebuah perusahaan di Bhaviya, Bangalore, India, telah menyediakan tenaga kerja seperti operator call center, juru ketik, akuntan hingga programmer computer yang kesemuanya bekerja untuk negara maju dengan tetap melakukan semuanya di negerinya sendiri, India. Mereka bekerja sebagai bagian integral dari bisnis global seperti Dell American On-Line (AOL) dan Microsoft.
Menurut Bondan, jika Indonesia mau maju, harus betul-betul menyiapkan sumberdaya-sumberdaya manusia (khususnya di bidang IT). Sebenarnya dalam peneyediaan sarana dan prasarananya (infrastruktur), Indonesia telah menyiapkan sebagai upaya mengejar ketertinggalan tersebut. Menkominfo kini telah membangun infrastruktur jaringan informasi yang disebut Palapa Ring , yakni jaringan serat fiber optic high speed packet acsess (HSPA) sepanjang 11.000 km dan diperkirakan selesai tahun 2008. Ini merupakan “jalan toll” jaringan informasi yang menghubungi seluruh pulau-pulau di Indonesia.

 Berikut adalah beberapa teknologi mendatang yang menarik yang akan berlaku 2018 dan masa depan.

1.      Lompatan Gerak

Leap Motion menghadirkan cara yang sama sekali baru untuk berinteraksi dengan komputer Anda. Sederhananya, Leap Motion lebih akurat daripada mouse, bisa diandalkan seperti keyboard dan lebih sensitif daripada touchscreen.

Untuk pertama kalinya, Anda bisa mengendalikan komputer dalam tiga dimensi dengan gerakan tangan dan jari alami Anda.

2.      Udara untuk Bahan Bakar

Sebuah perusahaan Inggris yang berbasis di Teesside mengatakan bahwa pihaknya merancang teknologi baru yang revolusioner yang dapat menghasilkan bensin dengan menggunakan udara dan air.

Sintesis Bahan Bakar Air di Stockton-on-Tees telah menghasilkan lima liter bensin sejak Agustus, namun berharap bisa berproduksi pada tahun 2015 membuat bahan bakar sintetis yang ditargetkan ke sektor olahraga motor.

Perusahaan yakin teknik ini bisa membantu mengatasi masalah pasokan energi dan mengurangi pemanasan global.

3.      Teknologi Bio

Tangan Bionik dikendalikan oleh sinyal otak. Ini memungkinkan orang tanpa jari untuk memiliki tangan yang berfungsi penuh yang dapat mengangkat dan menangani benda-benda halus.

Ini benar-benar dikendalikan oleh otak dan tidak memerlukan pembedahan. Touch Bionics, perusahaan yang memproduksi tangan Pro Digit, dapat memasang tangan lengkap dengan 'kulit yang masih hidup', penutup plastik yang menyerupai kulit manusia, dengan harga di bawah US$50.000. Sebuah harga kecil untuk membayar sebuah tangan baru yang saya pikirkan.

4.      Augmented Reality

Masa depan teknologi mobile erat berkisar pada dua kata: augmented reality (AR).

AR dalam istilah sederhana berarti versi lanjutan dan tak terlihat dari apa yang bisa kita lihat dengan mata telanjang kita. Penglihatan biasa saat dirasakan melalui smartphone kita yang diinfuskan dengan teknologi AR akan ditingkatkan melalui penggunaan input sensorik buatan komputer seperti data suara, video, grafik dan GPS.

5.      Mobil Tanpa Pengemudi

Mobil pengemudi otonom beserta kendaraan listrik akan memiliki dampak besar pada industri mobil yang kita kenal sekarang.

Kendaraan otonom akan menghilangkan kebutuhan akan kepemilikan mobil bagi masyarakat, dan kendaraan listrik akan mengubah permainan konsumsi bahan bakar fosil.

Kesimpulan :

Hampir semua koresponden menggunakan teknologi internet dalam kurun waktu seminggu sekali (point 1 80%) dan mengakui bahwa internet adalah salah satu penyedia jasa informasi terlengkap (point 2 100%). Perkembangan IT di dapatkan melalui media televisi dan media cetak secara berkala (point 3 60%) serta penggunaan internet sebatas pencarian informasi dan ajang hiburan (point 4 50%:50%). Koresponden menjawab pemakaian internet sering di manfaatkan oleh kalangan mahasiswa (point 5 80%) dan Indonesia bisa mengikuti perkembagan IT secara global (point 6 80%). Menyetujui sosialisasi komputerisasi di semua lapisan masyarakat (point 7 100%), dampak positif akan muncul sangat besar dengan adanya penggunaan IT di Indonesia (point 8 100%) dan ketidaksetujuan adanya program anti pornografi (point 9 90%). Sebanyak 80% menyatakan ktidakpuasan dengan pengtahuan IT yang dimiliki.
Pengunaan IT dari mulai awal keberadaanya dirasakan memang membawa dampak yang sangat berpengaruh sekali dalam segala pola aspek kehidupan. Banyak keuntungan yang bisa diraih dengan adanya IT ditandai dengan banyaknya perkembangan infastruktur yang berbasiskan IT. Namun demikian banyak juga penyimpangan ataupun pergesaran yang bersifat sosial yang terjadi dalam pengaruhnya pengggunaan IT.




Source:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

VC 7 POSTTEST : MASALAH KONKURENS

a. Jelaskan 2 metode untuk menjamin SERIALIZABILITY b. Pada Metode Locking  untuk transaksi terus menahan suatu kunci sampai dilepaskan s...